PENGARUH KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP MUTU LAYANAN PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH SWASTA TAHFIZHIL QUR’AN MEDAN

  • Deddy Pandji Santosa Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Abstract

Variabel Kompetensi kepala sekolah (X₁) seperti pada tabel 4:8 di bab IV diproleh t hitung   2,916 dan t tabel 2,032 pada tarif signifikansi 0,05 dengan demikian  Ho ditolak dan H₁ diterima yang aritnya terdapat pengaruh besar dan signifikan Kompetensi Kepala Sekolah dengan Mutu Layanan Pendidikan (Y) sebesar 20,16 %. Variabel Parisipasi Masyarakat (X₂) seperti pada tabel 4:9 di bab IV diproleh t hitung       2,166      dan t tabel   2,032          pada tarif signifikansi 0,05 dengan demikian  Ho ditolak dan H₁ diterima yang aritnya terdapat pengaruh besar dan signifikan Partisipasi Masyarakat (X₂) terhadap mutu layanan pendidikan sebesar 12,32 %. Hasil pengujian dari tiga variabel  Kompetensi Kepala Sekolah(X₁) Partisipasi Masyarakat (X₂) terhadap mutu layanan pendidikan (Y)  F hitung       12      dan t tabel   3,29 pada tarif signifikansi 0,05 dengan demikian  Ho ditolak dan H₁ diterima yang aritnya terdapat pengaruh besar dan signifikan Kompetensi Kepala Sekolah (X₁),Partisipasi Masyarakat (X₂) secara bersama-sama terhadap mutu layanan pendidikan (Y)  sebesar 25,40 %.

Published
2020-08-23